twitter
    join me to learn together :D

Senin, 17 Oktober 2011

hidup itu seperti secangkir kopi

Sekumpulan alumni sebuah universitas yang telah mandiri dalam karirnya pergi bersama - sama untuk mengunjungi profesor yang mengajari mereka semasa kuliah. Percakapan pun tak lama dimulai, kemudian berubah menjadi keluhan tentang stressnya dalam pekerjaan dan kehidupan.



kemudian sang profesor menawarkan kopi kepada tamu-tamunya, profesor itu pun pergi kedapur dan kembali dengan se-teko besar kopi dan bermacam-macam jenis cangkir. Porselen, plastik, kaca, kristal,
ada yang terlihat polos, ada yang terlihat mahal, ada yang terlihat indah.

Profesor meminta agar tamu-tamunya untuk mengambil sendiri kopinya. Setelah semua telah mendapat secangkir kopi di tangan, lalu dia berkata:

jika kita perhatikan, semua cangkir yang terlihat mahal sudah diambil, yang tersisa hanya satu yang terlihat polos dan murah. tapi itu normal bagi kalian yang menginginkan yang terbaik untuk diri kalian sendiri. Itu adalah sumber masalah kalian dan stress kalian. Yakinlah bahwa cangkir itu tidak akan menambah kualitas kopi yang kalian minum.

dalam banyak kasus, ini hanya terlihat lebih mahal, dan dalam beberapa kasus, bahkan membuat kita mengesampingkan apa yang kita minum. Apa yang benar-benar kita inginkan adalah kopi, bukan cangkir. Tapi kalian lebih fokus mencari cangkir yang terbaik. Kemudian kalian mulai melihat cangkir satu sama lain, untuk melihat siapa yang memiliki cangkir terbaik.

Sekarang bayangkan ini,
hidup bayangkan seperti kopi. Pekerjaan, uang dan jabatan adalah cangkir. Cangkir itu hanyalah alat untuk menikmati kopi. dan jenis cangkir yang kita punya tidak mengartikan atau merubah kualitas kopi kita. Terkadang, kita hanya berfokus kepada cangkir, kemudian kita gagal untuk menikmati kopinya.
nikmati kopinya, bukan cangkirnya !!

orang yang paling bahagia bukan karena memiliki segala yang terbaik, mereka hanya membuat segala sesuatu menjadi yang terbaik.

hidup sederhana, berbicara dengan ramah, lebih peduli, murah hati.
Hidup itu Seperti secangkir kopi.


sumber dari youtube, bagi teman-teman yang mau liat videonya:

3 komentar:

  1. wow, keren mas.... bagus analoginya,
    apa gunanya kita punya cangkir bagus tapi kita ngga bisa nikmati kopinya.

    BalasHapus
  2. bagus banget untuk motivasi, banyak orang yang terkecohkan oleh gemerlap.na keindahan

    BalasHapus
  3. terimakasih kepada saudari cahaya kehidupan atas apresiasinya..

    :D

    BalasHapus