twitter
    join me to learn together :D

Jumat, 28 Oktober 2011

setelah mengupload prestashop ke server hosting selalu redirect ke localhost

baru-baru ini saya mendapat project untuk membuat sebuah toko online, kemudian untuk mempermudah saya kerjakan terlebih dahulu dilocalhost dan setelah selesai saya menguploadnya ke server hosting. tapi setelah saya upload dan saya koneksikan kedatabase selalu terjadi error, setelah saya browsing-browsing di internet ternyata ada beberapa konfigurasi yang harus dirubah, ok kita langsung saja praktekkan.



buka file setting.inc.php yang berada di 'folder_admin_anda/config'
scriptnya kurang lebih seperti ini:
<?php

define('__PS_BASE_URI__', '/FOLDER_PRESTASHOP_KAMU/');
define('_MEDIA_SERVER_1_', '');
define('_MEDIA_SERVER_2_', '');
define('_MEDIA_SERVER_3_', '');
define('_PS_CACHING_SYSTEM_', 'MCached');
define('_PS_CACHE_ENABLED_', '0');
define('_THEME_NAME_', 'namatema');
define('_DB_NAME_', 'namadatabase');
define('_MYSQL_ENGINE_', 'InnoDB');
define('_DB_SERVER_', 'localhost');
define('_DB_USER_', 'root');
define('_DB_PREFIX_', 'ps_');
define('_DB_PASSWD_', '');
define('_DB_TYPE_', 'MySQL');
define('_COOKIE_KEY_', 'fYAw3uWsGwUM4uCgxXYNSjZbhJ4tSxHPRhRUoLMdAkQ38V5xym4NaJmY');
define('_COOKIE_IV_', 'AYQ0EKOL');
define('_RIJNDAEL_KEY_', 'YpDofYbfsu3njOuZ7QDF4MYEXKwjBh3L');
define('_RIJNDAEL_IV_', 'kBVfs1+HQGYM3WNxvt+uXA==');
define('_PS_VERSION_', '1.4.4.1');

?>
 sekarang rubah menjadi seperti ini:
<?php

define('__PS_BASE_URI__', '/');
define('_MEDIA_SERVER_1_', '');
define('_MEDIA_SERVER_2_', '');
define('_MEDIA_SERVER_3_', '');
define('_PS_CACHING_SYSTEM_', 'MCached');
define('_PS_CACHE_ENABLED_', '0');
define('_THEME_NAME_', 'namatema');
define('_DB_NAME_', 'namadatabase'); //rubah menjadi nama database di server.
define('_MYSQL_ENGINE_', 'InnoDB');
define('_DB_SERVER_', 'localhost');
define('_DB_USER_', 'root'); //rubah menjadi nama user db di server anda.
define('_DB_PREFIX_', 'ps_');
define('_DB_PASSWD_', '');  // rubah menjadi password user diserver anda
define('_DB_TYPE_', 'MySQL');
define('_COOKIE_KEY_', 'fYAw3uWsGwUM4uCgxXYNSjZbhJ4tSxHPRhRUoLMdAkQ38V5xym4NaJmY');
define('_COOKIE_IV_', 'AYQ0EKOL');
define('_RIJNDAEL_KEY_', 'YpDofYbfsu3njOuZ7QDF4MYEXKwjBh3L');
define('_RIJNDAEL_IV_', 'kBVfs1+HQGYM3WNxvt+uXA==');
define('_PS_VERSION_', '1.4.4.1');

?>
nah kalau kita lihat dari blog-blog lain, penjelasannya hanya sampai disini(dan semuanya sama, dasar plagiat -__-! kaya'nya orang-orang dah pada ngga peduli sama susahnya orang bikin artikel) dan mereka bilang sampai disini prestashop sudah beres. tapi di kasus saya ini belum beres. setiap saya akses web prestashop saya, halaman web selalu redirect kehalaman http://localhost/namafolderprestashop.

setelah saya coba bongkar semua isi dari prestashopnya ternyata tidak ada yang salah, oke kemudian saya coba periksa isi database dan ternyata memang benar ada yang salah dengan setting di database. jika anda mendapatkan permasalahan yang sama, coba langkah-langkah berikut ini.
-login ke cpanel tempat hosting anda.
-buka phpmyadmin.
-buka database untuk prestashop anda.
-klik tab 'search'.

-ketikkan kata 'localhost' pada field Word(s) or value(s) to search for (wildcard: "%"):, kemudian block semua table di fieldlist inside table(s).

-kemudian cari result didalam table yang 'matches'-nya tidak nol. ternyata ada 2 table yang memilikki record bervalue 'localhost'. ada table 'ps_cms_lang' dan ada juga table 'ps_configuration'. tetapi yang perlu kita rubah hanya record didalam 'ps_configuration'.

-klik browse pada list table 'ps_configuration'. kemudian rubah value pada kedua record, yang awalnya 'localhost' menjadi 'namadomainanda.com'.


-buka browser, kemudian ketikkan url webshop prestashop anda, setelah itu anda ucapkan dulu 'bismillahirrohmanirrohim' :D , ok sehabis itu tekan enter. apakah masih meredirect ke localhost?? mudah-mudahan masih error ya, supaya ada hal yang mau anda share disini.
"anda tidak akan menjadi kuat, jika dalam perjalanan anda hanya melewati jalan lurus nan mulus :D"
ok sekian dulu artikel saya yang berjudul "setelah mengupload prestashop ke server hosting selalu redirect ke localhost",
wassalamu'alaikum warohmatullohiwabarokatuh.

2 komentar:

  1. sudah saya coba step2 di atas, tapi kok masih redirect ke localhost ya?
    Saya pake prestashop v1.5 dan server idhostinger, sewaktu setting config kok saya tidak menemukan define('__PS_BASE_URI__','/FOLDER_PRESTASHOP_KAMU/'); ya? Padahal DB_server, DB_name, DB_user sudah saya ganti semua.
    Please help...

    BalasHapus
    Balasan
    1. define('__PS_BASE_URI__','/FOLDER_PRESTASHOP_KAMU/');

      *FOLDER_PRESTASHOP_KAMU itu artinya folder cms-nya waktu dilocalhost mas,
      atau kalau mau gampang coba aja cari __PS_BASE_URI__
      nah, habis itu isinya yang disebelah kanan mas ubah aja jadi '/'
      gitu aja mas..
      semoga membantu

      Hapus